Wednesday, November 12, 2008

Tempat Wanita Terbatas

By Republika Contributor
Minggu, 02 November 2008 pukul 13:50:00


Rasulullah mengatakan shalat di Masjidil Haram pahalanya 100 ribu kali lipat dibandingkan shalat di tempat lain. Sedangkan shalat di Masjid Nabawi lebih utama 1.000 kali dibanding shalat di tempat lain.

Mumpung ada di Madinah, biasanya jamaah berusaha sedapat mungkin bisa shalat lima waktu di masjid yang pertama dibangun nabi itu. Bahkan jamaah haji Indonesia punya kebiasaan melaksanakan arbain (shalat lima selama 40 waktu tak terputus di Masjid Nabawi).

Kendati tak ada hubungannya dengan ibadah haji, banyak jamaah yang memaksakan diri untuk melaksanakan arbain. Akibatnya, sering terjadi fisik jamaah sudah drop sebelum melaksanakan ritual haji sesungguhnya di Makkah, Mina, dan Arafah.

Udara Madinah yang dingin membuat kesulitan tersendiri bagi jamaah untuk berangkat shalat ke masjid, terutama pagi dan malam hari. Sebelum berangkat jangan lupa memakai pakaian hangat. Selain itu pakai juga krim di muka, tangan, serta lip gloss untuk bibir.

Tidak seperti Masjidil Haram yang buka 24 jam, Masjid Nabawi sudah tutup pukul 23.00 Waktu Madinah. Masjid baru dibuka lagi sekitar pukul 03.00. Banyak jamaah yang tidak tahu dengan ketentuan ini. Banyak terjadi jamaah sudah datang pukul 01.00 karena ingin melaksanakan Shalat Tahajud di masjid ini. Akhirnya mereka harus menunggu tiga jam sampai masjid dibuka. Kondisi ini membahayakan jamaah, karena udara Madinah pada malam hari berada pada titik terdingin. Shalat Shubuh dilaksanakan sekitar pukul 05.30. Azan dikumandangkan dua kali.

Masjid yang mampu menampung sampai satu juta jamaah ini juga sangat padat pada musim haji. Jamaah sering harus antre masuk dan keluar masjid. Jika tak kebagian tempat di lantai dasar, bisa shalat di lantai dua. Namun sedapat mungkin hindarkan shalat di pelataran masjid pada pagi dan malam hari. Untuk itu jamaah harus datang paling tidak setengah jam sebelum waktu shalat agar kebagian tempat.

Wanita disediakan tempat khusus untuk shalat yang diberi sekat-sekat. Luasnya sangat terbatas. Karena ini perjuangan untuk mendapat tempat lebih sulit. Terlambat sedikit dipastikan tak akan kebagian tempat shalat di dalam masjid. Karena datanglah lebih cepat sebelum waktu shalat.

Saat hujan berhati-hati dengan pelataran masjid. Marmer yang digunakan untuk lantai pelataran masjid adalah yang terbaik dan terindah di dunia. Bahkan, pernah mendapatkan penghargaan arsitektural dari Italia. Namun pada saat hujan marmer itu licin. Banyak jamaah yang terburu-buru berlari ke masjid terpeleset dan jatuh.

Di dalam masjid disediakan kotak-kotak tempat sandal. Tempat sandal itu ada yang berbentuk lemari ada juga rak-rak memanjang. Semuanya mempunyai nomor. Jamaah jangan lupa mengingat-ingat di mana meletakkan sandalnya. Yang terjadi sering jamaah kehilangan sandal karena lupa nomor raknya. Karena sering jamaah shalat jauh dari tempat dia meletakkan sandal.

Masjid Nabawi mempunyai arsitektur yang sangat indah. Sangat elok jika dipandang dari dekat maupun kejauhan. Masjid ini juga dilengkapi dengan 12 payung raksasa yang bisa mengembang. Payung itu menguncup saat Asyar dan menjadi berbentuk menara. Sunggut pemandangan indah saat melihat patung menguncup. Jamaah yang berada di lokasi itu shalat dengan atap langit terbuka. Sejuk tapi tak ada sinar matahari masuk.

Masjid yang dilengkapi pula dengan kubah yang dapat membuka dan menutup ruangan dengan sistem terpadu secara otomatis. Kubah itu bergeser usai Shalat Zuhur. Jika ingin melihat perubahan kubah saat bergeser shalatlah di lantai dua.

Dalam kondisi berdesak-desakan sering jamaah kehilangan barang atau tercecer. Jika hilang jamah bisa mencarinya di kantor maktab mafqudat (kantor barang hilang--red). Kantor ini terletak di lantai dua, dekat pintu masuk nomor 33.

Jika pondokan jauh dari masjid usahakan selalu datang berombongan untuk mencegah tersesat. Wanita yang sedang haid sebaiknya jangan ditinggal sendiri di pondokan. Jika tak ada yang menemani sebaiknya tetap ke masjid, dan menunggu dekat masjid di tempat yang aman. sbt

Tip Shalat di Masjid Nabawi


-gunakan pakaian hangat ketika berangkat
-jangan datang sebelum pukul 03.00
-hindari shalat di pelataran pagi dan malam hari
-ingat nomor rak sandal
-hati-hati kehilangan

No comments: